JADI CONTENT CREATOR KARENA HOBI

Sekarang dengan semakin banyaknya aplikasi media sosial, mulai dari youtube, tiktok, instagram, facebook, X, dan lain lain, dan semakin mudahnya kita membuat akun di  media sosial, kemudian semakin gampangnya kita mengunggah sesuatu di media sosial tersebut, menjadikan hampir semua manusia di jagad raya ini menjadi pembuat konten atau content creator.

Kemudian dengan tawaran untuk mendapatkan penghasilan (dari iklan yang disematkan) jika kita sering mengupload konten kita di media sosial (khusus akun yang telah monetisasi), konten semakin membanjiri media sosial dengan konten-konten terutama yang berupa video.

Untuk membuat konten gampang-gampang susah, dibutuhkan ide atau pemikiran untuk mendapatkan tema dari konten kita. Nah konten ini pun banyak tema-nya antara lain, edukasi, tutorial, hiburan, musik, dan lain-lain. Dengan tuntutan untuk terus mengejar dollar, ada saja ide para Content Creator untuk membuat video kemudian diunggah ke media sosialnya. Biasanya pembuat konten juga menjadikan hobi sebagai inspirasi untuk membuat video. Hobi selain memang aktivitas yang kita senangi dan rutin kita jalankan, juga tentu saja merupakan ide yang paling gampang untuk dijadikan sebuah video, cukup kita merekam aktivitas hobi kita..maka jadilah sebuah video untuk kita jadikan konten, untuk kemudian diunggah ke media sosial kita. Nah menurut pengalaman penulis, yang sudah lama juga menjelajah di dunia perkontenan, khususnya Youtube, ada beberapa hobi yang diekspose menjadi tema konten, antara lain:

1. Berkebun

Hobi berkebun bisa dijadikan konten untuk kita upload ke medsos kita. Bahkan aktivitas berkebun yang tiap hari kita lakukan, memudahkan kita untuk selalu membuat  video. Dan saya rasa, berkebun juga merupakan kesenangan hampir semua orang, jadi selain memudahkan kita untuk membuat konten, saya yakin konten berkebun juga akan banyak dinikmati

Menjadikan hobi sebagai konten

2. Memasak

Beruntunglah buat kita yang hobi masak. Hampir setiap hari konten masak-memasak selalu saja muncul di beranda medsos penulis. Dan memang konten memasak menjadi konten yang paling favorite saat ini, karena selain untuk memenuhi kebutuhan kampung tengah kita, konten memasak juga paling gampang dibuat, apalagi kalau kontennya dibumbui dengan judul cuma modal 5000 perak gorengan ini bisa beruntung berkali lipat.

3. Tukang Kayu

Dari pada beli meja yang mahal, kenapa kita tidak membuatnya sendiri, apalagi sekarang bahan dan alat sudah mudah didapat dan jauh lebih murah. Dan menjadi tukang kayu juga merupakan hobi yang menyenangkan, apalagi kepuasan akan muncul jika kita berhasil membuat sofa sendiri. Sebagai konten DIY, konten ini juga banyak yang menonton, banyak penonton yang mencari referensi tentang hobi ini, selain membuat furniture, para kreator juga sering membahas/mereview tools atau alat-alat yang mereka gunakan.


4. Mainan

Siapa sih yang tidak suka dengan mainan. Mulai dari balita sampai dengan orang dewasa pun pasti tidak akan luput dengan dunia mainan. Jenis mainan pun ada banyak, dan memiliki segmentasi berdasarkan usia. Sama dengan ketiga hobi di atas, hobi ini pun sangat mudah untuk dijadikan konten. Banyak kita temui pembuat konten yang menjadikan mainan sebagai jualan konten nya, mulai dari content creator anak-anak sampai dengan bapak-bapak. Tidak sedikit dari mereka yang sudah menghasilkan banyak cuan dari konten mereka. Berangkat dari tema ini pula, penulis juga membuat akun YouTube yang menampilkan konten mainan, khususnya mobil remote control offroad. Teman-teman bisa mengunjungi youtube saya disini.

Selain dari keempat hobi di atas, sebenarnya masih banyak jenis hobi yang bisa diangkat menjadi konten, dan bisa dimonetisasi juga. Penulis hanya memaparkan kempat hobi diatas, karena kempatnya penulis sering tonton baik di youtube, facebook maupun instagram. Kalau menurut kalian, hobi apa aja, selain keempat hobi diatas yang bisa dijadikan konten?

Demikian yah teman-teman tulisan kali ini, semoga bermanfaat! Terima kasih!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama