Cara Mengubah File PDF ke JPG/JPEG

Minggu lalu saya mendapat pesan bbm dari teman saya, seorang mahasisiwa program pasca sarjana pada salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Makassar. Yang bersangkutan minta tolong kepada saya untuk mengubah file scan KTP-nya yang berbentuk PDF ke JPEG. Awalnya saya berpikir kenapa yang bersangkutan berurusan dengan scan-scanan KTP. Oh iya, saya baru ingat kalau sekarang lagi ramai-ramainya penerimaan CPNS nasional secara serentak untuk formasi tahun 2014. Saya juga heran, kok bisa yach teman saya yang mahasiswa pasca sarjana sampai minta tolong mengubah file scan PDF ke JPEG, bukankah hal itu sangat mudah dilakukan. Bahkan, setahu saya software bawaan mesin scan memiliki opsi menyimpan hasil scanan dalam format lain selain PDF. Saya berpikir positif saja, mungkin teman saya itu tidak sempat melakukannya karena kesibukan yang bersangkutan sebagai mahasiswa pasca sarjana. Oke, kita kembali ke tema di atas.
Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengkonversi file PDF kedalam bentuk file lain. Salah satu caranya dengan menggunakan software konverter khusus. Sudah banyak bertebaran aplikasi file converter di dunia maya, silahkan anda mencarinya sendiri. Cara lain untuk mengubah file PDF ke bentuk file lainnya adalah langsung mengaplikasikannya secara online, tapi sayang kadang agak ribet dengan mengharuskan register atau memasukkan email kita dulu. Silahkan anda mencari dan mencobanya sendiri dengan bantuan Google. Lalu bagaimana jika kita sudah amat butuh untuk mengkonversi file pdf ke jpeg, padahal di komputer kita tidak ada software khusus dan tidak memiliki koneksi data untuk beinternet. Jadi, kita tidak bisa dong untuk mengkonversi file pdfnya. Kita jangan menyerah dulu, masih ada alternatif lain untuk melakukannya. Saya yakin bahwa tentunya di setiap komputer pasti ada apilikasi Microsoft Offices, dan saya yakin pula sudah banyak komputer yang memiliki Offices terbaru, minimal offices 2013. Nah, dengan peningkatan terus-menerus yang dilakukan oleh anak buah Bill Gates (digantikan oleh Satya Nadella) pada software buatannya, sekarang Microsoft Officesnya, khususnya Word, sudah memungkinkan untuk  menkonversi file offices ke dalam bentuk PDF atau mampu untuk membuka file dalam bentuk PDF. Dalam kasus ini, secara khusus kita manfaatkan kemampuan Offices untuk membuka file PDF, jadi Offices di sini kita manfaatkan sebagai aplikasi transit file saja. Masih ada lagi satu apilkasi sederhana yang merupakan bawaan dari OS Windows, yang kita pakai di sini, yakni 'Paint'. Apilkasi tersebut bisa kita akses pada menu Accessories di start menu. Caranya bagaimana? Oke, marilah kita simak beberapa langkah sederhana berikut ini (beberapa bagian dalam gambar sengaja saya samarkan):

Pertama bukalah file PDF yang ingin anda konversi dengan klik kanan pada file..

Cara membuka file dengan klik kanan















Setelah klik kanan file dan mengklik Word, maka dengan demikian file kita sudah siap untuk diedit, seperti pada gambar berikut:

File PDF yang dibuka dengan microsoft word 2013















Di bagian ini, kita manfaatkan Word untuk mentransit file agar bisa dicopy ke aplikasi Paint. Klik kanan pada gambar, sehingga muncul edit. Silahkan pilih ikon crop yang ada pada menu edit tersebut dan crop sedemikian rupa agar work area sama besar dengan image seperti pada screenshot dibawah ini:

Cara mengcrop image agar work area sama besar dengan gambar



Hasil crop gambar tadi, diklik kanan sehingga muncul menu edit, sebelumnya anda klik biasa sebanyak dua kali pada gambar. Selanjutnya copylah image tersebut, seperti pada screenshot dibawah ini:


Cara mengcopy gambar dengan klik kanan















Sekarang setelah anda mengklik copy, langkah selanjutnya adalah membuka apilkasi Paint. Caranya pada start menu, klik All programs, terus klik Accessories, dan bukalah software Paint. Setelah Paint terbuka, pada menu akan terlihat ikon 'paste' dalam keaadaan aktif. Silahkan anda klik ikon paste tersebut, sehingga gambar dari Word tercopy ke work area Paint, seperti pada gambar berikut.

Menampilkan hasil copy image dari Word ke Paint

Sampai di sini, saya rasa pekerjaan kita sudah hampir selesai. Untuk langkah selanjutnya, sama dengan cara mengcrop gambar pada Word, kita menyesuaikanWork Area atau bidang kanvas pada Paint, dengan ukuran gambar kita. Ada beberapa cara, bisa dengan tool select dan crop pada menu. Bisa juga dengan cara klik and drag pada sudut-sudut area yang ditandai dengan nokta bulat atau kotak kecil. Lihat pada gambar di bawah ini:

Cara mengkropping gambar pada Paint















Dan hasilnya seperti pada gambar di bawah ini:

Image yang sudah dicrop sehingga work area sudah tidak nampak















Oke, sekarang langkah terakhir adalah menyimpan hasil kerja dengan mengklik file menu pada pojok kiri atas, terus klik Save As dengan memilih opsi file JPEG, dan simpanlah file dengan nama sesuai dengan keinginan anda, seperti pada gambar di bawah ini:

Cara menyimpan image dengan opsi format image















Berikut screenshot hasil file scanan PDF yang kita ubah ke PDF, gambar di bawah memperlihatkan file image dibuka dengan Windows Photo Viewer yang menunjukkan bahwa file tersebut adalah file gambar dengan format JPEG.


Hasil konversi file image PDF ke JPEG















Alhamdulillah selesailah proses pekerjaan kita mengkonversi file image PDF ke JPEG. Sebenarnya banyak apilkasi lain selain Paint, yang kita bisa manfaatkan. Akan tetapi, tidak ada salahnya kita memanfaatkan apilkasi yang sudah terbenam di Windows, Sehingga kita tidak perlu bersusah payah untuk menginstall lagi aplikasi/software terkait, yang secara tidak langsung butuh waktu, tenaga dan duit. Mungkin di tutorial ini kebanyakan gambar yah? Saya rasa tidak masalah-lah bagi kita yang awam, dengan banyak gambar mudah-mudahan tutorial ini lebih mudah dipahami. Oh iya, anda juga bisa mendownload tutorial ini di sini (menyusul) dalam bentuk videonya. Sekian dan Wassalam, semoga bermanfaat. (@Mksr#170914)

9 Komentar

  1. apakah bisa dirubah dari pdf yg isinya bbrp halaman ke jpeg dengan jumlah halaman yg sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, coba gunakan software Able2extract 7 Profesional. Software ini saya gunakan untuk mengkonversi ebook pdf komik/manga yang hanya berisi image/gambar ke dalam bentuk JPG/JPEG.

      Hapus
  2. makasih banyak buat infonya gan,, nice artikel..

    http://obatherbalampuh.com/

    BalasHapus
  3. Tutorial-nya sangat bagus sekali gan.. sangat membantu sekali bagi saya yang saat ini juga sedang coba mengubah file pdf menjadi file image (jpg, png, dll). pokoknya bagus deh gan.. oya sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak ya gan! :)

    oya silahkan kunjungi blog saya juga disini: Everything About Computer Programming | Your best resources for Computer Programming

    BalasHapus
  4. trimakasih...sangat membantu, saya sudah coba dan bisa..
    semoga menjadi amal kebaikan.. :)

    BalasHapus
  5. info menarik
    bisa convert jpg dengan mudah
    terima kasih ya

    BalasHapus
  6. Terima kasih banyak, sangat membantu! ��

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama