Mudahnya Mengubah File PDF Kedalam Bentuk Excel dengan Able2extract

Perubahan Sistem Pelaporan Keuangan pada perusahaan tempat saya bekerja, yakni dari sistem yang berbasis Dos/Paradoks ke sistem yang  yang berbasis Web/Windows, membawa beberapa konsekuensi pada proses maupun outputnya. Sebenarnya 'proses' pada sistem pelaporan keuangan yang baru dengan lama tidaklah jauh berbeda, ini dikarenakan Sistem Pelaporan Keuangan sudah terikat dengan siklus akuntansi yang sudah standar. Beberapa perbedaan antara lain: perubahan interface di mana dos yang berbasis tulis, ke windows yang berbasis grafik sehingga lebih user friendly. Selain itu, sistem yang lama basis data dan servernya berada di masing- masing cabang, sedangkan sistem yang baru semuanya sudah berada di kantor pusat, Jakarta. Baik data base/file server maupun file system, semua sudah ditangani di pusat, sehingga jika terjadi crash atau trouble pada aplikasi hanya admin pusatlah yang bisa menanganinya. Mengenai output laporan, misalkan Buku Besar, pada system yang lama keluarannya hanya berupa file Excel. sedangkan pada sistem yang baru, selain file Excel, juga menghasilkan file dalam bentuk PDF.
Secara pribadi, saya lebih menyukai output dari sistem ini dalam bentuk  PDF, dibandingkan Excel. Hal ini dikarenakan, output Excelnya masih kurang lebih sama dengan sistem yang lama. Masih diperlukan banyak penyesuian pada bagian kolom, atau baris agar memudahkan pemrosesan laporan keuangan lebih lanjut. Perlu diketahui, Laporan Keuangan pada perusahaan saya outputnya masih berupa manual dalam bentuk Excel, jadi sistem atau OS Laporan keuangan saya ini hanyalah sebatas mengoptimalkan prosesnya. Sebenarnya, OS ini sudah menghasilkan beberapa Item Laporan Keuangan, akan tetapi belum selengkap Laporan Keuangan Manual, dan masih ada beberapa item Laporan Keuangan yang belum bisa diproses oleh OS, misalnya histori mutasi atas beberapa transaksi. Seperti yang saya utarakan di atas, bahwa Manual Laporan keuangan saya masih menggunakan Excel, maka output PDF tadi pun saya harus mengubahnya ke dalam bentuk Excel. Kenapa tidak memanfaatkan file Excel saja untuk pemrosesannya. Seperti yang sebutkan di atas, file Excel tersebut masih berantakan dibandingkan PDF yang saya konversi ke dalam Excel. Nah, untuk mengkonversi file excel ini, tidak seperti pada posting saya terdahulu tentang konversi PDF ke JPEG, file PDF di sini diperlukan software konverter khusus, di karenakan file yang mau dikonversi memiliki sedikit kerumitan yakni mengandung tabel. Setelah beberapa survey dan percobaan, saya pada akhirnya memilih Able2exctract yang dibuat  oleh Investintech.com, untuk mengkonversi file Excel. Menurut saya konverter ini sangat bagus dalam mengkonversi file Excel. Tabel Buku Besar PDF output OS saya dikonversi benar-benar mendekati bentuk PDF-nya sendiri, sehingga sangat memudahkan saya untuk proses laporan keuangan selanjutnya. Selain itu software ini memiliki kemampuan untuk memilah-milah atau menentukan page tertentu saja yang dikonversi, tidak seperti beberapa konverter lainnya yang harus mengkonversi keseluruhan dokumen. Software ini mengkonversi File PDF row by row, dan column by column, atau by cells, Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar yang saya lampirkan. Juga, software ini memiliki pilihan konversi ke dalam bentuk Word, Power Point, Images. Dan bukan hanya Offices saja yang bisa dikonversi, Open Offices juga bisa dikonversi dengan software ini.Tambahan, software konverter lainnya, hasil konversinya sudah dalam bentuk file yang jadi yang harus disimpan ke hardisk, sedangkan Able2Extract, hasil konversinya dalam bentuk New Book/New Document jadi kita diberikan pilihan tidak perlu menyimpannya ke dalam hardisk.


Output OS saya dalam bentuk PDF:















Output OS atas Buku Besar dalam Excel:




Hasil konversi dengan menggunakan Able2Extract:
















Bandingkan dengan hasil konversi software lainnya:
















Anda bisa mengunduh Able2Extract di sini, atau anda bisa langsung mencoba trialnya ke websitenya langsung. Beberapa file di atas hanyalah screen capture, biar lebih jelas silahkan unduh file aslinya di sini. Dan sebagai bahan perbandingan saya sertakan Software Konverter lainnya di sini. Oke, demikian ulasan singkat saya tentang mengubah file PDF (Tabel dalam bentuk PDF) ke dalam bentuk file Excel. Semoga membawa manfaat bagi kita semua. Sekian dan Wassalam. (@Mksr#190914) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama