Alternatif Obat Kumur Pencegah Sariawan yang Efektif

Sariawan betul-betul mengganggu kita, pada stadium tertingginya bisa menyebabkan kita kesulitan untuk berbicara. Selain itu, rasa sakit ketika mengunyah makanan tidak dapat kita hindari, jadilah makanan yang sebenarnya nikmat rasanya malah menjadi tidak enak. 

Menurut wikipedia, sariawan adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Beberapa penyebab terjadinya sariawan antara lain kekurangan vitamin C, luka karena tergiggit sendiri, panas dalam, faktor makanan yang dikonsumsi dan kebersihan rongga mulut.
Saya sendiri sering mengalami sariawan biasanya karena memakan makanan yang teksturnya keras dan kasar seperti camilan kacang, beberapa jenis krupuk, dan lain-lain. Di dunia maya sudah banyak dibahas mengenai sariawan dan pengobatannya, baik secara tradisional maupun dengan mengkonsumsi obat-obatan kimiawi. 

Di pasaran sudah banyak beredar obat sariawan baik yang berbetuk obat kumur maupun dalam bentuk obat oles. Beberapa obat tersebut sudah pernah saya coba, dan menurut saya kurang efektif dalam mengobati sariawan saya. Pernah saya direkomendasikan oleh dokter gigi istri saya untuk membeli obat sariawan berbetuk salep dengan harga yang lumayan mahal, ternyata juga kurang efektif mengobati sariawan saya. Selain itu, obat salep kadang cukup menyulitkan kita dalam mengaplikasikannya pada luka sariawan kita, apalagi jika lukanya cukup sulit dijangkau. Mungkin lebih cocok jika kita mengobatinya dengan obat kumur dan di apotik pun sudah banyak di jual. 

Saya sendiri belum pernah mencoba obat kumur khusus sariawan. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, ada obat kumur yang sebenarnya diperuntukkan untuk mencegah karies gigi, tapi sebenarnya juga sangat efektif dalam mengobati sariawan dan sangat optimal dalam mencegah terjadinya cikal bakal sariawan. Maksud saya, ketika tanda-tanda sariawan muncul, misalnya karena dinding mulut kegigit atau lecet karena tekstur makanan yang keras dan kasar, obat kumur tersebut sangat efektif dalam mencegah terjadinya sariawan yang lebih parah. Dan ini benar-benar saya rasakan sendiri keefektifannya. Berikut penampakannya:

Obat kumur yang paling efektif dalam mencegah dan mengobati sariawan

Yup, betul namanya Listerine Antiseptic Mouthwash, obat kumur yang di kemasannya tertulis untuk membantu memperkuat gigi dan melindungi gusi, melawan kuman-kuman penyebab plak dan  bau mulut. Jadi,  di kemasannya sendiri tidak disebutkan secara eksplisit untuk mencegah dan mengobati sariawan. Yah, mungkin produk ini memang disegmentasikan sebagai produk toiletries untuk kesehatan dan kesegaran rongga mulut konsumen (seperti iklannya yang ditayangkan di stasiun televisi) bukan termasuk kategori obat-obatan. Ada beberapa varian rasa/aroma dari obat kumur ini, ada yang rasanya keras, hampir semua dan ada satu yang smooth ketika kita berkumur-kumur. Untuk Anda yang sariawan pilih yang rasanya keras biar lebih efektif. Karena, manfaatnya yang tidak hanya untuk memperkuat gigi dan melindungi gusi, melainkan juga untuk mengobati luka sariawan pada mulut, akhirnya sampai sekarang produk tersebut tidak pernah absen di kamar mandi saya. Semoga bermanfaat, wassalam! (@Mksr#12122014)

Disclaimer: Tulisan ini tidak bermaksud mempromosikan produk apapun, tulisan ini hanyalah didasarkan pada pengalaman penulis belaka.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama