Untung-rugi Usaha Loket PPOB -Berbagi Pengalaman- Bag. 2

Pada bagian kedua tulisan ini, yang pastinya lanjutan dari tulisan saya pada bagian pertama, tidak ada salahnya saya menampilkan atau menyajikan informasi dan cara menghitung fee usaha loket PPOB saya. Awalnya saya mengira apa yang ditampilkan vendor PPOB saya di Laporan Penjualan, yang bisa diakses melalui situs/website vendor PPOB saya, itulah merupakan fee yang saya dapat tiap bulannya, maka tergambarkalah sebesar apa atau seberapa banyak fee yang saya dapatkan.
Yah, menurut penilaian saya, cukup lumayan buat menambah penghasilan yang bisa dipakai belanja kecil-kecilan tiap harinya. Berikut screenshot fee yang saya ambil dari website PPOB saya:


Menampilkan Transaksi Loket dalam Sebulan


Sebagai informasi, vendor PPOB saya menyediakan Web Report yang berisi menu Deposit dan Transaksi yang bisa diakses dengan memasukkan User ID dan Password keanggotaan kita. Screenshot di atas menampilkan informasi transaksi bulanan yang berisi tanggal, jumlah transaksi dalam lembar, fee dalam kolom admin, dan total rupiah transaksi dalam sebulan. Dari situ terlihat jumlah transaksi saya adalah sebanyak 424 lembar transaksi, ini termasuk pulsa yang keuntungannya bisa kita atur sendiri dan menariknya langsung, jadi exclude pada laporan di atas. Juga, terlihat rupiah transaksi sebesar Rp. 52.720.806, jumlah yang sangat besar, tapi harus diingat bahwa jumlah di atas hanyalah akumulasi perputaran deposit, silahkan merujuk kembali ke tulisan saya yang pertama. Yang tidak  kalah menariknya, adalah informasi fee (pada kolom admin) yang jumlahnya Rp. 805.600,-. Menurut saya sebagai pemula, jumlah itu lumayan besar. Seandainya anda punya cicilan kredit motor atau cicilan kartu kredit yang jumlahnya sekitar lima ratus ribuan per bulannya, berarti anda tidak perlu mengganggu gaji bulanan anda, cukup membayarnya dari usaha sampingan Loket PPOB, benar bukan?

Dalam rentang waktu 2 s/d 5 hari oleh pihak vendor saya, ditransferlah bonus atas fee yang dikonversi kedalam bentuk deposit (tentunya bisa diuangkan melalui pembayaran rekening listrik, dll oleh pelanggan). Informasi mengenai bonus loket, pun dapat kita jumpai dalam Laporan Penjualan/ Web Report pada menu Deposit. Berikut screenshot depositnya:

Tabel yang menunujukkan mutasi deposit dalam sebulan.
Pada gambar di atas, ditampilkan mengenai mutasi deposit selama sebulan yang menampilkan tanggal, jumlah dan jenis. Dari gambar di atas kita bisa menemukan informasi mengenai bonus/keuntungan yang saya dapatkan selama tansaksi bulan sebelumnya, jelas terlihat ternyata bonus/keuntungan yang saya dapatkan adalah Rp. 489.500,- bukan Rp. 805.600,- seperti yang tertera pada Laporan Penjualan di atas. Setelah bertanya ke admin/contact person vendor PPOB saya, ternyata dugaan saya salah, saya tidak memperhitungkan fee vendor PPOB saya sendiri. Bahwa, dalam Web Report tentang fee, di situ juga termasuk fee vendor saya sendiri. Jadi laporan tentang fee di atas terbagi menjadi dua, fee loket saya sendiri dan fee vendor saya. Sebenarnya, informasi mengenai fee sudah jelas terpampang pada web site vendor saya seperti pada screenshot di bawah ini:

Apa yang menjadi asumsi saya selama ini salah, saya menganggap fee yang ada dalam Web Report, itulah bonus atau keuntungan loket saya. Ternyata sayalah yang salah, dan mungkin orang yang tidak memperhatikan secara seksama dengan apa yang ditampilkan di website pengelola bisa saja salah menduga seperti saya. Dari gambar di atas didapatkan informasi keuntungan loket terbagi atas dua yakni Fee dan Admin. Dan bagian fee admin-lah yang ditampilkan di Web Report dan tentu saja pada struk pembayaran rekening pelanggan, hal inilah yang luput dari perhatian saya. Rumus fee sebenarnya loket PPOB saya adalah "Admin" dikurangi dengan "Fee" (Seperti yang tercantum di screenshot web site di atas). Untuk lebih jelasnya berikut perhitungan fee Loket PPOB saya dalam bentuk file excel, silahkan anda mengunduh filenya di sini untuk excel 2012 ke bawah dan di sini untuk excel 2013 ke atas.

Kesimpulan dan Trik:
Pelanggan adalah roh dari Loket PPOB maka rekrutlah sebanyak-banyaknya dan pertahankan agar mereka tidak pindah ke tempat lain, oleh karena itu berikanlah pelayanan yang terbaik. Berikut tips dan triknya (berdasarkan pengalaman loket PPOB saya):
  1. Perbanyak spanduk/informasi mengenai loket anda atau paling tidak buatlah spanduk yang mencolok.
  2. Usahakan spanduk atau neonbox anda terlihat dari segala sisi (sisi kiri dan kanan jalan).
  3. Bila diperlukan buatlah brosur yang isinya memperjelas keberadaan loket PPOB anda.
  4. Percepatlah  koneksi data anda, hal ini untuk mengurangi waktu tunggu pelanggan. Pelanggan pasti merasa tidak nyaman jika mereka menunggu terlalu lama.
  5. Sediakan ruang tunggu/kursi tunggu untuk kenyamanan pelanggan.
  6. Usahakan buka di awal pagi, kadang pelanggan yang berstatus karyawan atau pegawai mampir untuk membayar rekening listrik, air, atau telpon sebelum mereka ke tempat kerjanya.
  7. Jangan sampai sering terjadi penolakan pembayaran dengan alasan deposit habis, hal ini bisa mempengaruhi reputasi loket kita di mata pelanggan yang bisa beralih ke tempat lain. Juga, jangan sampai terjadi penolakan dengan alasan koneksi offline (data atau kuota internet habis).
  8. Terimalah uang pelanggan dulu, kemudian cetak bukti pembayarannya.
  9. Ada baiknya, seperti yang disarankan oleh pengelola, sediakan detektor uang palsu. Juga sediakan uang receh untuk kembalian.
  10. Buatlah stempel lunas dan bila perlu stempel logo loket PPOB anda, beberapa customer leasing meminta stempel logo loket PPOB.
  11. Rawatlah Komputer dan Printer loket PPOB anda, bila perlu komputer anda hanya diperuntukkan khusus untuk mengelola sistem PPOB, hal ini untuk menghindari malware, virus, kuki, dan cache yang berlebihan yang bisa memperlambat koneksi internet anda.
  12. Transaksi terbanyak biasanya pada tanggal 5 s/d tanggal 20 tiap bulannya, silahkan anda mengoptimalkan deposit anda pada rentang waktu tersebut.
  13. Sebaiknya sediakan tempat parkir yang aman.
  14. Tidak ada salahnya anda membuka loket sampai malam hari dan pada hari Sabtu dan Ahad, jika kondisi memungkinkan.
  15. Buatlah Laporan Administrasi loket anda secara manual sebagai back up atas Web Report.
Sebagai tambahan informasi vendor Usaha Loket Pembayaran PPOB ini, menurut saya, setelah membandingkan dengan yang lain, adalah yang terbaik dalam memberikan fee dan pelayanan. Silahkan anda menilai dan membandingkan sendiri. Pada akhirnya, selesailah tulisan saya mengenai Untung-rugi Usaha Loket PPOB ini, semoga tulisan ini bisa memberi manfaat bagi kita semua, terutama bagi anda yang mau membuka usaha seperti ini. Wassalam. (#Mks@100914)

30 Komentar

  1. Salam kenal...sya juga punya Loket PPOB seperti anda dan saya sudah membaca kedua artikel anda... maaf cuma mau kasih saran sesuai pengalaman saya yaitu binalah hubungan yang baik dengan KOLEKTOR PLN....itu salah satu kunci untuk mendongkrak transaksi bulanan...saya sudah buktikan kok....salam sukses bro ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bina hubungan dengan Kolektor PLN, maksudnya gimana pak ya? saya mau buka gameonline, sekalian mau buka PPOB..

      Hapus
  2. Salam kenal juga...terima kasih atas sarannya, Dan menurut pengalaman saya yang masih minim ini, frekuensi terbesar transaksi di PPOB saya berasal dari transaksi PLN, Dan bagusnya lagi, transaksi PLN mengenakan biaya admin yang kecil tapi fee yang besar. Masukan anda menjadi pertimbangan kami untuk improvement ke depan. Salam sukses!

    BalasHapus
  3. Salam kenal... saya kebetulan juga punya loket PPOB namun saya sedikit kebingungan dalam mengelola pembukuan kas mungkin mas punya pengalaman dibidang pembukuan bisa berbagi kepada saya sebab kadang2 terjadi selisih antara saldo dan kas, hehehehe... , terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Wahyu...salam kenal juga..kalau soal pembukuan loket, saya sendiri masih mancari-cari cara yang terbaik untuk melakukan pembukuan 'khusus' untuk loket PPOB. Sampai saat ini, saya pun masih mengandalkan output dari Sistem PPOB yang saya ikuti yakni laporan transaksi harian, laporan deposit, dan fee loket. Akan tetapi, meskipun Sistem PPOB, memiliki output tersendiri, saya masih tetap membuat ikhtisar laporan secara manual melalui excel, terutama untuk pencatatan biaya-biaya operasional, misalkan estimasi biaya listrik, biaya transportasi, dan biaya lain-lainnya. Jadi menurut pendapat saya, besar kemungkinan selisih saldo dan kas, dikarenakan adanya transaksi-transaksi langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan loket yang terabaikan...

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Luar biasa pak. Saya akan mencoba fokus di bisnis yg lain. Salam www.unidevnetwork.tk

    BalasHapus
  6. saya setuju dengan pulsa listrik.. Selain pelanggan kita juga harus membina hubungan baik dengan para kolektor PLN di daerah anda.. karena beliau" lah yang menambah jumlah transaksi kita selaku penyedia jasa ppob.. semoga teman" yang sudah menjalani bisnis PPOB bisa semakin maju dan bertambah pula pelanggannya.. Amin

    BalasHapus
  7. Kalo boleh di saranin, PPOB yang paling menguntu gkan apa y..??
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga bingung nih.. lagi cari ppob yg cocok.

      Hapus
    2. MAS Pakai Aplikasi PAYTREN ajah,,

      Berikut Transaksi-transksi yang ada dalam Aplikasi PayTren :

      - semua pembelian pulsa HP, BOLD , pulsa biasa/kuota
      - pembelian token listrik
      - pembayaran listrik pasca bayar
      - Pembayaran TELKOM
      - pembayaran PDAM
      - pembayaran BPJS
      - pembayaran angsuran FIF, ADIRA dll
      - pembayaran TV langganan
      - pembelian tiket pesawat/kereta
      - Voucher Game
      - Belaja di Alfamart dengan deposit paytren
      - pembelian Marchent
      - tarik tunai dan
      - transfer remitance antara negara
      Dan masih banyak lg..

      Peryaratan harus punya
      - HP dan Nomornya
      - Email aktif
      - KTP/KK dan
      - Membeli Lisensi/ Hak usaha
      Rp. 350.000 s/d Rp.10.100.000

      Keuntungannya itu dari ;
      1. selisih penjualan,
      2. Semua Transiksi akan mendapatkan Cashback dari perusahaan dan
      3. bernilai bisnis.

      More Info :
      www.infopaytren.com/jefri189

      www.treni.co.id
      http://tinyurl.com/RepublikDigital

      https://yout.ub/rf02hhb7thc

      WA : 0857-8037-1549

      Hapus
  8. tolong dong... ada saran ga tentang ppob yg baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tips memilih dan Memulai Bisnis ✍🏽

      ♻Biar TIDAK capek bolak - balik mulai bisnis baru terus dan mati konyol, carilah bisnis dg legalitas jelas, owner jelas, system teruji, produk di butuhkan sepanjang masa & yang punya potensi survive jangka panjang.

      ♻Jawabannya Adalah PayTren

      🎞Video Penjelasan :
      https://youtu.be/rf02hhb7thc

      💾Info detail :
      www.infopaytren.com/jefri189

      Hapus
  9. cuma disini ppob yg menguntungkan
    http://pojok-jatim.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  10. cuma disini ppob yg menguntungkan
    http://pojok-jatim.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  11. salam kenal balik,,,kalau saya loketnya melalui pos indonesia,,,alhamdulillah aman,,,cuma waktunya hanya 23 jam,,dari jam 11 sampai 12 malam berhenti,itu kekurangannya,sedangkan fee dari hasil deposit, jika ada transaksi dapat modal plus untung berkisar 900-2000.

    BalasHapus
  12. Mau tanya kalo ppob kita mnggunakan kertas struk berloho salah satu bank contohnya saja bank bukopin_ itu diperbolehkaj ha yah?

    BalasHapus
  13. artikelnya lengkap dan mudah dipahami, trims udh sharing gan..

    BalasHapus
  14. [Peluang Bisnis dari Ustad Yusuf Mansur]

    Assalamu'alaikum..
    Bismillahirrohmaanirrahiim..

    PAKAI PAYTREN, WHY NOT.

    Ada yang punya pendapat seperti ini : "......saya juga beli pulsa, bayar listrik, bayar cicilan, bayar keperluan lain pake m-Banking melalui hp saya kok, ga perlu pake PAYTREN juga bisa kok......"

    Nah ini berarti dia belum mengerti betul apa itu PAYTREN.

    Yuk kita samakan lagi persepsi kita tentang paytren, agar kita lebih mantap dalam menjalankan bisnisnya.

    >> Apa yang kita dapatkan kalau beli pulsa pake m-Banking ?
    Jawab : dapat pulsa.
    >> kalau beli pulsa pake paytren ?
    Jawab : kita dapat pulsa dan dapat cashback.
    >> Apa yang kita dapat kalau kita menganjurkan teman, saudara, ortu, anak kita utk beli pulsa via m-Banking ?
    Jawab : ga dapat apa-apa dari Bank, terima kasih pun tidak.
    >> Kalau kita menganjurkan orang lain menggunakan paytren ?
    Jawab : anda dapat komisi dari SETIAP KALI mereka bertransaksi, apapun bentuknya, beli pulsa, beli token listrik, bayar listrik, PDAM, tiket pesawat, tv berbayar, dll.


    >>Keuntungan Langsung kita Apa Dong ??
    Kita Dapat Menggunakan Aplikasi PAYTREN Untuk kemudahan Transaksi Keperluan Pribadi kita,
    ●Isi Pulsa HP (All Operator),
    ●Bayar Tagihan Listrik (Pasca Bayar),
    ●Beli Token Listrik,
    ●Bayar Tagihan PDAM,
    ●Telepon, Speedy,
    ●Indovision,
    ●Kartu Hallo,
    ●Bayar Cicilan Kredit Kendaraan : FIF, BAF,    MAF, MCF, WOM,

    ●Pembayaran BPJS
    ●Pembelian Ticket Pesawat,
    ●Ticket Kereta Api, Dan Masih Banyak lagi
    ●Transaksi ini kita Mendapatkan Casback



    Nah kira-kira mereka yang kita referensikan menggunakan paytren akan melakukan transaksi 1-2x sajakah ? Atau berulang2?

    Kalau dapat banyak kemudahan, bisa dipastikan mereka akan TERUS setia menggunakan paytren.

    Jadi anda akan TERUS dapat komisi dari perusahaan,apalagi kalau mereka juga mengenalkan paytren ke teman2 mereka, wah ga kebayang deh kalaulah mereka semua melakukan transaksi RUTIN berulang2 seumur hidup,,,,siapa yang diuntungkan ?? Kita dan perusahaan.

    So ?
    Masih bilang ga ada untungnya join PAYTREN ???

    Informasi & pendaftaran PAYTREN Hubungi :
    Wa.     :+6281317133064
    Bbm.  :7cbe34ef

    Atau kunjungi web Ini :

    http://treniuym.com/yerykristanto

    Pesan Ustadz Yusuf Mansur gabung aja dulu Insya Alloh ada manfaatnya..

    BalasHapus
  15. mau tanya, apakah biaya admin itu mengurangi deposit kita ??

    BalasHapus
  16. Iya selain mudah bisnis loket ini berpotensi menguntungkan gan.. bisa di sini http://panduanberbisnispulsa.blogspot.com/2016/03/usaha-rumahan-loket-pembayaran-listrik.html kalau mau tau..

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum.. terimakasih buat penjelasan yang sangat detail, saya sudah mendapat gambaran dari postingan admin, kalau boleh tau vendor PPOB yang admin gunakan apa ya dan bagaimana cara daftarnya.. trimakasih. kalau bisa balas via email. misbah.panseb@gmail.com Wassalam

    BalasHapus
  18. nama vendornya donk, ke dedysukandar007@gmail.com

    BalasHapus
  19. Bisa Daftar Di http://bigbossindonesia.com/

    BalasHapus
  20. boleh dibagi nama vendornya ke enuda_79@yahoo.com, terima kasih, semoga sukses selalu

    BalasHapus
  21. Gan boleh minta nama vendornya donk
    mohammadzaini94@gmail.com
    nuhun....

    BalasHapus
  22. Gan. Boleh tau nama vendornya... Kirim ke rodlisajalah@gmail.com thanks

    BalasHapus
  23. Krimin vendornya ke email faizalrivai8@gmail.com thnk's

    BalasHapus
  24. mohon alamat vendornya ke email wella.gustia@gmail.com makasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama