Sepuluh Hobi yang Bisa dijadikan Konten yang Auto Viral

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel penulis sebelumnya. Teman-teman bisa membacanya kembali dengan mengklik tautan ini, 'Jadi Content Creator Karena Hobi.' Sebelumnya penulis sudah menjelaskan secara singkat, kenapa hobi merupakan tema yang mudah dibuat untuk dijadikan konten.

Beberapa Hobi yang Bisa Jadi Konten Youtube

Nah, berikut ini penulis sudah mengidentifikasi sepuluh hobi yang bisa menjadi ide atau inspirasi untuk dijadikan konten. Dan, siapa tahu salah satunya adalah memang hobinya teman-teman semua. Keempat dari sepuluh hobi tersebut penulis sudah sebutkan di artikel blog Buku Besar sebelumnya, berikut kesepuluh hobi tersebut disertai penjelasan singkat :

1. Berkebun

Hobi berkebun bisa dijadikan konten untuk kita upload ke media sosial kita. Bahkan aktivitas berkebun yang tiap hari kita lakukan, memudahkan kita untuk selalu membuat  video/konten. Dan, berkebun juga merupakan kesenangan hampir semua orang, jadi selain memudahkan kita untuk membuat konten, penulis yakin konten berkebun juga akan banyak dinikmati atau ditonton.

2. Cooking

Beruntunglah buat kita yang hobi masak. Hampir setiap hari konten masak-memasak selalu saja muncul di beranda media sosial penulis. Dan, memang konten memasak menjadi konten yang paling favorite saat ini, karena selain untuk memenuhi kebutuhan kampung tengah kita, konten memasak juga paling gampang dibuat, apalagi kalau kontennya dibumbui dengan judul: "Cuma Modal Lima Ribu Perak Gorengan ini Bisa Meraup Keuntungan Ratusan Ribu Rupiah".

3. Carpenter

Dari pada beli meja yang mahal, kenapa kita tidak membuatnya sendiri, apalagi sekarang bahan dan alat sudah mudah didapat dan jauh lebih murah. Dan menjadi tukang kayu atau carpenter juga merupakan hobi yang menyenangkan, apalagi kepuasan akan muncul jika kita berhasil membuat sofa sendiri. Sebagai konten DIY, konten ini juga banyak yang menonton, banyak penonton yang mencari referensi tentang hobi ini, selain membuat furniture, para kreator juga sering membahas atau mereview tools atau alat-alat yang mereka gunakan.

4. Mainan

Siapa sih yang tidak suka dengan mainan. Mulai dari balita sampai dengan orang dewasa pun pasti tidak akan luput dengan dunia mainan. Jenis mainan pun ada banyak dan memiliki segmentasi berdasarkan usia. Sama dengan ketiga hobi di atas, hobi ini pun sangat mudah untuk dijadikan konten. Banyak kita temui pembuat konten yang menjadikan mainan sebagai jualan konten nya, mulai dari content creator anak-anak sampai dengan bapak-bapak. Tidak sedikit dari mereka yang sudah menghasilkan banyak cuan dari konten mereka. Berangkat dari tema ini pula, penulis juga membuat akun YouTube yang menampilkan konten mainan, khususnya mobil remote control offroad. Teman-teman bisa mengunjungi youtube saya disini.

5. Travelling

Travelling adalah kegiatan mengunjungi destinasi yang menyenangkan baik di kota maupun desa, baik dalam negeri maupun luar negeri. Tentu saja, travelling bisa dijadikan hobi terutama bagi mereka yang memiliki kelebihan dana, sehingga memiliki modal yang cukup untuk selalu bepergian. Destinasi yang dikunjungi ini biasanya memang terkenal sebagai tempat wisata, karena keindahan alamnya, budayanya yang estetik, serta banyak wahana-wahana/tempat yang menarik dan instagrammable untuk dikunjungi. Sehingga dengan berkunjung ke tempat tersebut rasa stress jadi hilang dan setelah kembali ke rumah, otak jadi sehat dan segar kembali untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari. Dan kegiatan ini juga selalu dijadikan konten dan akhirnya menjadikan rujukan bagi penonton yang ingin juga melakukan travelling.

6. Workout/Olahraga

Tidak semua orang rutin melakukan olahraga karena keterbatasan waktu atau memang adanya rasa malas. Maka, beruntunglah bagi kalian yang memiliki hobi berolahraga dengan tujuan untuk body builder atau hanya sekedar menjaga kebugaran tubuh. Nah, untuk teman-teman yang hobi olahraga, kalian bisa menjadikan kegiatan ini sebagai konten. Biasanya channel-channel tentang workout banyak membagikan tips-tips bagaimana membentuk tubuh yang efektif dan diet yang tepat.

7. Automotif

Konten automotif juga banyak berseliweran di media sosial. Akun-akun yang paling banyak dijumpai biasanya membahas atau mereview eksterior dan interior mobil, khususnya mobil baru. Membagikan tips dan tutorial maintenance dan repair terhadap part atau komponen yang ada pada mobil dan motor.
Konten ini juga banyak dicari sebagai referensi untuk membeli mobil dan atau motor baru, dan juga misalnya tutorial bagaimana cara membuka aki pada mobil/motor, dan seterusnya.

8. Home Living Hack

Baik para suami maupun istri, terlebih suami kalau lagi libur ada saja kegiatannya di rumah, membetulkan kabel listrik, memperbaiki closet yang airnya mengalir terus, mengutak-atik instalasi air mesin cuci biar alirannya deras dan lain-lain. Penulis berpendapat ini boleh digolongkan sebagai hobi atau aktivitas yang menyenangkan dan tidak sedikit yang  menjadikan hobi ini sebagai konten. Dan, karena rumah adalah tempat favorit untuk relaksasi, maka tidak heran untuk konten jenis ini banyak juga yang menontonnya. Apakah mereview rumah/property yang masih baru bisa masuk jenis konten ini?


9. Aviary/Fishery/Animal Lover

Hobi memelihara burung, siapa takut? Dengan seabrek rutinitas kaum urban yang bikin stress dan depresi, tentu saja diperlukan relaksasi yang memadai. Itulah makanya banyak yang menjadikan hobi memelihara burung ini sebagai bagian dari kehidupan. Warna dan suara burung benar-benar mujarab sebagai refresh terapi untuk otak kita. Biar lebih menyenangkan lagi banyak para pehobi yang akhirnya memelihara beragam burung ke dalam satu kandang atau aviary. Akhir-akhir ini penulis sering  menonton beberapa channel youtube yang membahas tentang aviary. Selain aviary, fishery juga merupakan salah satu terapi otak yang mujarab. Fishery bahkan memiliki beberapa turunan yang dijadikan sebagai konten antara lain aquascape, paludarium, terrarium, mini pond dan lain-lain. Silakan teman-teman menjelajah sendiri di youtube tentang konten ini, pasti akan menemukan puluhan channel yang membahas hobi ini, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Oh iya, selain burung dan ikan, masih banyak jenis-jenis pet lainnya yang bisa dijadikan konten, seperti kucing, anjing, dan hewan-hewan eksotis lainnya. Banyak juga lho emak-emak yang suka memelihara burung.


10. Street Food

Konten ini sebenarnya perpaduan antara travelling dan cooking/masak-memasak. Cuma konten ini mengkhususkan mendatangi tempat-tempat makan baik warung, restoran, maupun kaki lima, untuk mencicipi dan mereview makanan/minuman yang disajikan dan akhirnya menjadi rekomendasi bagi penonton. Konten ini banyak juga yang dicari oleh penonton lho, dan sudah banyak akun yang sukses menjadi content creator atau monetisasi akun dengan tema ini.

Oke teman-teman, demikian sepuluh hobi yang bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman untuk membangun konten. Selain karena aktivitas yang menyenangkan, juga konten ini banyak memunculkan ide untuk ditransformasi menjadi konten. Banyak pula youtuber atau pegiat media sosial yang menjadikan salah satu tema dari sepuluh hobi ini sudah memiliki ribuan bahkan jutaan subscriber atau follower. Sebenarnya masih ada hobi lain yang bisa dijadikan konten, di sini penulis mengangkat artikel ini sesuai dengan pengalaman penulis yah!, yang juga sebagai pengguna media sosial dan penikmat konten baik di youtube, metaverse (instagram & facebook), tiktok, X (twitter). Demikian, tulisan ini semoga bermanfaat, Wassalam!
 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama