UFO di Langit Kota Makassar, Rekayasa Foto Tanpa Bantuan Photoshop


Penampakan UFO
Tepatnya pada hari Rabu, 03 Desember 2014 langit kota Makassar diselimuti awan tebal alias mendung, dan memang menurut perkiraan BMKG, musim hujan di kota Makassar dimulai pada pertengahan bulan November. Namun frekuensi hujan sampai saat tulisan ini diturunkan, belum seintens seperti biasanya jika sudah memasuki musim hujan. 

Hujan sepertinya masih malu-malu untuk membasahi bumi Makassar, biasanya hanya pada sore hari saja hujan turun. Namun, entah kenapa kemarin hujan mulai turun pada pagi hari dan sebelumnya didahului dengan hembusan angin kencang dan riuhnya gemuruh pada subuh harinya. Bahkan sepanjang hari kemarin hujan tidak pernah berhenti turun, meskipun itu hanya gerimis,  suasananya pun mendung yang ditandai dengan gelapnya langit kota Makassar. 

Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh salah seorang rekan saya untuk memotret kondisi langit yang gelap, dibalik jendela kantor saya. Beberapa hasil jepretannya sempat diupload untuk dijadikan status gambar di BBM yang bersangkutan. Dan saya pun sempat menyimpan gambar statusnya ke HP saya. Saya perhatikan kok ada yang aneh dengan hasil jepretannya, di antara awan yang gelap kok ada semacam cahaya yang berwarna terang dalam berbentuk kotak. Dan jika memperhatikan bentuknya seperti seolah-olah ada penampakan UFO dalam pada foto tersebut, gambarnya seperti berikut ini:

UFO di Langit Makassar
Setelah memperhatikan lebih mendalam lagi, ternyata itu hanyalah bayangan saja, kebetulan di depan jendela kantor saya terdapat konstruksi dinding yang ditutupi dengan alucopan yang berwarna biru metalik. Tiang tersebut selain memantulkan cahaya lampu yang berada di dalam kantor saya, juga memantulkan bayangan langit/awan dan pepohonan yang berada di luar. Jadi, seolah-olah tampak menyatu antara bayangan lampu dan pantulan pemandangan langit dan pohon pada dinding alucopan tersebut.

Penampakan yang sebenarnya
Dengan foto kamera yang dizoom, dijepretlah dinding alucopan tersebut. Tentu saja resolusi kamera semakin kecil ketika melakukan zooming sehingga hasil jepretan jadi agak blur, meskipun objek pohon dan langit di dalamnya masih tampak jelas. Tanpa memperhatikan lebih detail, tentu saja orang yang yang melihatnya, seolah-olah tampak penampakan UFO dalam foto tersebut. Sebenarnya teknik menjepret seperti ini sudah sering dilakukan, misalnya seolah-olah menggenggam matahari atau seolah-olah menampung dengan telapak tangan semburan air mancur dari patung merlion di Singapura, dan sebagainya. Okey! Sekian dulu

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama