Pompa Ban Portabel untuk Motor

Faktor keselamatan menjadi salah satu faktor yang penting dalam berkendara. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan mempertahankan keselamatan kita dalam berkendara. Memeriksa kondisi kendaraan kita sebelum berangkat kerja atau ke tujuan lainnya, merupakan salah satu tindakan yang menunjang dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama kita berkendara. Juga, seperti yang sudah banyak dibicarakan, mengikutsertakan barang-barang penunjang keselamatan kedalam kendaraan kita menjadi suatu hal yang dianjurkan. 

Ban cadangan/ban serep, dongkrak, apar dan kotak P3K merupakan beberapa alat bantu yang dianjurkan dibawa serta ketika kita berkendara. Juga menurut saya, alat bantu yang penting juga dibawa adalah kompressor/inflator ban, apalagi sekarang banyak kompressor/inflator ban yang diproduksi dalam bentuk mini atau portable baik yang dioperasikan secara manual maupun dengan menggunakan daya/listrik.

Tapi sayang sekali tidak semua kendaraan bisa menampung seandainya semua barang tersebut mau diikutsertakan, paling hanya kendaraan roda empat yang bisa menampung semuanya. Bagaimana dengan pengguna kendaraan roda dua, seperti saya ini? Mungkin kita tidak harus membawa semuanya, dan tidak semuanya cocok buat pengendara motor seperti dongkrak, benar kan? Menurut saya kita sebagai pengendara motor, barang yang cukup penting untuk dibawa adalah inflator ban, terutama bagi kita yang sering melalui jalan yang tidak ada bengkel/tukang tambal bannya. 

Berangkat dari permasalahan di atas, akhirnya saya melakukan beberapa survey ke toko teknik, toko aksessoris motor, bahkan Carrefour, Lotte Mart, Hypertmart sampai dengan Ace Hardware saya sambangi sekiranya mereka menjual apa yang saya cari. 

Beberapa kriteria inflator ban yang saya cari antara lain tenaganya memakai daya/listrik (bisa colok ke aki) dan bentuknya kecil alias bisa masuk ke bagasi motor. Sebenarnya, sebelumnya saya sudah pernah memiliki kompressor ban atau lebih tepatnya pompa ban karena dioperasikan secara manual alias dipompa dengan diinjak dengan terus menerus. Tapi bayang kan!, betapa repotnya kalau di tengah jalan, tiba-tiba ban kita kempes dan mengisinya angin dengan pompa manual, sudah capek, berkeringat, lama lagi. 

Setelah melakukan pencarian kesana-kemari akhirnya saya menemukan barang yang saya cari, yah lumayan mendekati kriteria saya. Saya mendapatkannya di Ace Hardware. Sebenarnya barang ini sudah lama saya incar, tapi ketika itu harganya belum wajarlah menurut ukuran dompet seorang pengendara motor. Saya akhirnya memutuskan untuk membelinya karena kebetulan saat itu harganya lagi diskon dari harga Rp. 225.000,- menjadi Rp. 155.000,- (harga Ace Hardware, Makassar). Nama barangnya adalah Coido DC12V Tyre Inflator dan penampakan barangnya seperti ini:



Kelengkapannya lumayan lengkap, antara lain seperti gambar berikut ini:


Inflator tersebut mengambil daya dari aki motor atau mobil dengan memanfaatkan colokan lighter di mobil atau buat kendaraan yang tidak memiliki colokan lighter seperti motor cukup mencolok/menyambungkan langsung ke aki melalui kabel yang disediakan. Waduh! repot dong bagi kita pengendara motor yang tidak memiliki colokan lighter, apalagi jika letak aki motor kita cukup sulit untuk dijangkau. Jangan khawatir! Sambungkan saja kabel yang telah disediakan secara permanen. 

Di paketnya seperti gambar di atas, sudah disediakan 2 model sambungan ke aki yakni klip buaya dan adaptor kabel. Untuk menyambung secara permanen gunakan yang adaptor kabel. Jika Anda cukup kesulitan untuk melakukannya, bawa saja motor Anda ke bengkel dan minta tolong ke mekanik mereka untuk memasangnya, dan tentu saja dengan posisi socket sambungan yang mudah dijangkau. 

Dengan memiliki kompressor ini, Anda tidak perlu khawatir lagi jika di tengah perjalanan, tiba-tiba ban motor Anda gembos dan bengkel/tukang tambal ban masih jauh dari lokasi Anda. Anda pun, bisa memanfaatkan inflator ini untuk yang lainnya, bisa untuk sepeda, bola soccer, balon dan berbagai macam mainan anak yang memerlukan tekanan angin. Satu kekurangan inflator ini adalah suaranya yang lumayan berisik. Tidak lupa pula saya ingatkan, seperti yang tertera pada dus kemasannya, sebelum menggunakan produk ini : Baca dengan seksama lembaran petunjuknya! Demikian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat dan salam prestasi! Wassalam (@Mksr#28112014).

Disclaimer: Tulisan ini tidak bermaksud mempromosikan dan merekomendasikan produk apapun, tulisan ini hanyalah sekedar pengalaman penulis. 

1 Komentar

  1. kini ada cairan anti bocor yang bisa proteksi saat ban terkena paku atau benda tajam lainnya, namanya Hoebon, silahkan order melalui http://hoebonmalang.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama