Fungsi Left, Fungsi Right, dan Fungsi Mid pada Excel Untuk Mengelola Buku Besar dan Penyusunan Laporan Keuangan

Bekerja dalam bidang akuntansi yang memproses laporan keuangan sampai saat ini belum bisa lepas dengan Microsoft Excel. Bahkan di tempat saya bekerja, meskipun sudah dibuatkan web aplikasi yang mampu memproses laporan keuangan, untuk sampai ke dalam bentuk Buku Laporan Keuangan, sebagian besar progressnya masih melibatkan Microsoft Excel. Wajarlah, jika Microsoft Excel banyak digunakan dalam mengelola Data Keuangan perusahaan, toh memang Excel diciptakan untuk menghitung angka-angka, bekerja dengan daftar data, dan menganalisis data-data, serta mempresentasikan dalam bentuk grafik/diagram dan tabel. Aplikasi Excel memiliki banyak fungsi dan fasilitas yang sangat membantu dalam mempermudah pekerjaan administrasi pelaporan keuangan.
Salah satu fasilitas Excel yang meskipun sederhana tapi banyak membantu Mempercepat penyelesaian pekerjaan saya adalah fungsi String atau Teks. Fungsi ini banyak saya gunakan dalam mengolah Buku Besar, dengan menerapkan langsung ke ratusan Nomor Bukti-bukti Transaksi Akuntansi. Adapun fungsi teks atau string yang sering saya gunakan adalah:
  • Fungsi Left
  • Fungsi Right
  • Fungsi Mid 
Berikut penjelasan masing-masing dari fungsi tersebut di atas:

Fungsi Left

Fungsi 'Left' dimaksudkan untuk mengambil karakter mulai dari yang paling kiri dari suatu data/objek teks yang berada pada sell tertentu di Excel, adapun penulisannya sebagai berikut:


=LEFT(text, [num_chars])

Penjelasan sederhananya adalah: 'text' atau data yang akan diambil karakternya, text tersebut berada pada sell tertentu di lembar kerja excel anda, misalkan pada sell A1, B12, C13, dan lain-lain. 'Num_chars' adalah jumlah karakter yang diinginkan pada teks/data yang bersangkutan bisa saja 1, 2, 3, dan seterusnya. Jika anda menuliskan jumlah karakter pada 'num_chars' melebih dari jumlah karakter 'text' yang menjadi objek, maka secara default, karakter yang diekstrak adalah semuanya.

Fungsi Right

Fungsi right adalah kebalikan dari fungsi left. Fungsi 'Right' digunakan untuk mengambil karakter mulai dari yang paling kanan dari suatu data/objek teks yang berada pada sell tertentu di Excel, adapun penulisannya sebagai berikut:

=RIGHT(text, [num_chars])

Sama dengan fungsi left, penjelasan sederhananya adalah: 'text' di sini adalah objek data yang akan diambil karakternya, text tersebut berada pada sell tertentu di lembar kerja excel anda, misalkan pada sell A1, B12, C13, dan lain-lain. 'Num_chars' adalah jumlah karakter yang diinginkan pada teks/data yang bersangkutan bisa saja 1, 2, 3, dan seterusnya. Jika anda menuliskan jumlah karakter pada 'num_chars' melebih dari jumlah karakter 'text' yang menjadi objek, maka secara default, karakter yang diekstrak/terpilih adalah semuanya. Ingatlah! bahwa Spasi, oleh Excel dianggap sebagai suatu karakter.

Fungsi Mid

Fungsi mid sedikit berbeda dengan fungsi left dan right. Fungsi mid dimanfaatkan untuk mengekstrak karakter tengah dari suatu data/objek teks yang berada pada sell tertentu di Excel, adapun penulisannya sebagai berikut:

=MID(text, start_num, num_chars)

Berikut penjelasannya: 'text' sama dengan definisi di atas, adalah objek data yang akan diambil karakternya, text tersebut berada pada sell tertentu di lembar kerja excel anda, misalkan pada sell A1, B12, C13, dan lain-lain.  'Start_num' sebagai karakter awal/permulaan karakter yang akan diambil nilainya, merupakan posisi karakter pertama yang akan diekstrak nilanya. Posisinya bisa saja dimulai dari nomor 1, 2 dan seterusnya.'Num_chars' adalah jumlah karakter yang diinginkan pada teks/data yang bersangkutan bisa saja 1, 2, 3, dan seterusnya. Jika anda menuliskan jumlah karakter pada 'num_chars' melebih dari jumlah karakter 'text' yang menjadi objek, maka secara default, karakter yang diekstrak/terpilih adalah semuanya. Ingatlah! bahwa Spasi oleh Excel dianggap sebagai suatu karakter, ketika anda mengetik 1 Spasi, maka akan dianggap 1 karakter,  2 spasi dianggap 2 karakter, dan seterusnya.

Fungsi mid bisa saja mengambil peran fungsi left atau fungsi right, tergantung cara anda menuliskannya. Ketika anda mengekstrak "Buku Besar" dengan menuliskan =mid(A1,1,3) sama saja anda menuliskan dengan =left(A1,3) yang hasilnya "Buk". Atau jika anda menuliskan  = mid(A1,7,3) sama saja jika anda menuliskan =right(A1,3) yang hasilnya "Sar". Penulisan di atas tentu saja, tidaklah dianjurkan, gunakanlah fungsi-fungsi yang ada pada Excel seoptimal dan seefektif mungkin. Anda juga akan semakin mengenal menfaat dan kegunaan fungsi-fungsi di atas, jika anda semakin sering berlatih. Agar lebih mengenal penggunaan fungsi-fungsi di atas, anda bisa mengunduh contoh filenya di sini dan video penggunaannya di bawah ini. Oke! Semoga bermanfaat. Wassalam(@Mksr#131104)  







Post a Comment

Lebih baru Lebih lama